Monday, September 16, 2013

Akhirnya Datang Jugaaaa

Akhirnya hari H keberangkatanpun datang. Tanggal 4 Februari 2013 kami berangkat jam 5.30 am dari bogor, karena hari senin biasanya macet sekali jalan tolnya, jadi supaya tidak spaneng di jalan gara-gara macet, saya membuat spare waktu sekitar 4 jam karena jam 10.30 am kami harus sudah siap di ruang tunggu untuk boarding. Syukurlah kami sudah cek in dan sudah memiliki boarding pass air asia yang kami lakukan secara online. Sayangnya di tengah jalan si putih grand livina ditabrak sehingga agak menghambat perjalanan kami. Setelah urusan selesai, kami segera menuju Soekarno Hatta Cengkareng, tepatnya di terminal III. Segera menitipkan si putih ke parker inap, lalu kami menuju ruangan cek in. Jangan lupa siapkan print out cek in dan boarding pass air asia anda untuk diperiksa petugas AP II di pintu masuk lobby terminal III. Setelah masuk, kami celingukan karena tidak ada petunjuk kea rah mana tempat keberangkatan dan kami blm tau prosedur naik pesawat yang sudah cek in dan melakukan bording pass secara online. Biasanya sih cek in online tapi tanpa print out boarding pass. Setelah Tanya sini situ kami disuruh ke lantai 1 tempat ruang tunggu penumpang. Masuk diperiksa paspor, lalu masuk dikit ada konter air asia, di cek tiket, cek in dan boarding passnya, lewat situ kami lalu diperiksa barang bawaannya. Isteri saya sempat tertahan disitu karena membawa air putih dalam tempat minum setengah penuh untuk anak-anak. Air minum itu disuruh dibuang isinya, ya sudah setelah dibuang, aman kami menuju ruang tunggu penumpang no 6, paling ujung.
Jam 11.20 kami dipanggil boarding naik pesawat. Enaknya air asia itu bisa milih sendiri tempat duduknya dengan melihat posisinya di pesawat. Kami duduk di tengah, kursi 15, demikian juga pulangnya nanti dari Singapore.
Setelah 1,5 jam perjalanan, sampailah kami di changi international airport lalu kami turun di terminal I changi..Disini kami kebingunan harus kea rah mana. Untung ada mbak2 ramah di bagian informasi dengan bahasa Indonesia lancer jaya member penjelasan kea rah mana kami harus menuju. Akhirnya kami menuju imigrasi check. Saat saya bawa segepok passport langsung ditolak sama petugas imigrasi yang orang india besar. He said “ one adult one child” haduh maksudnya apa ya?hooo jadi kami harus pisah dan bawa anak satu2 untuk diperiksa. Setelah kami lakukan one adult one child pemeriksaan lancer jaya. Oiya pada saat di pesawat kita akan diberi form imigrasi yang harus diisi saat masuk Singapore lalu akan diberikan kita satu sisi untuk diserahkan kembali saat keluar Singapore. Jangan sampai ilang yaaa. Bisa g keluar dari Singapore kalo ilang. Setelah urusan imigrasi selesai, kami langsung menuju pintu keluar, mau beli EZlink maksudnya untuk naek MRT, tapi tempatnya bingung karena harus naik kereta dulu ke terminal 3 baru beli disana. Akhirnya diputuskan untuk naik taksi saja ke hotel. Naik taksi di sini harus antre dan ada petugasnya yang mengatur. Saya naik taksi hyunday berwarna putih. Hmmm jalanan di Singapore bener2 mulussssssss….bersih juga….mantaap..kapan ya Jakarta bs kek gini. Tapi aspalnya kok agak keputih2an ya warnanya, beda sama di Indonesia yang hitam pekat. Sekitar 30 menit sampailah saya di bencoolen street. Ternyata bencoolen street sedang diperbaiki, jadi jalannya ditutup.
Akhirnya taksi berhenti di belakang hotel. Habis sekitar 20 dollar plus 3 dollar charge airport. Sampai hotel 81 saya langsung check in dengan print out dari agoda plus passport saya dan isteri saya. Ternyata pihak hotel tidak mempermasalahkan saya membayar pake kartu kredit sodara saya. Kemudian setelah proses administrasi selesai, kami diberi kunci ke kamar kami..kamar 1010. Setelah mandi2 dan istirahat sebentar, kami siap2 pergi ke lucky plaza untuk ketemuan dengan ari sodara saya yang bekerja di Singapore. Hunting pertama kami adalah membeli EZlink. Saat Tanya ke 7 eleven, mereka bilang bisa beli EZlink disitu tapi not refundable, kalo mau refundable harus ke stasiun MRT terdekat. Lalu kami menuju stasiun bras basah, ternyata tempatnya sangat dekat dengan hotel kami menginap. Pfuih…
Akhirnya kami sampai di stasiun bras basah kemudian kami membeli EZlink di passanger service. Saat itu kami Tanya ke petugas loket, sambil memperlihatkan 2 anak saya. Mereka bilang “2 adult”, yasudah kami beli 2 EZlink seharga SGD 10 dimana biaya kartunya SGD 3 dan isi top upnya SGD 7. Kami lalu menuju ke bawah dengan lift dan siap2 di depan pintu kreta. Di Singapore, pintu MRT ada 2, yaitu pintu keretanya dan pintu stasiunnya, jadi antara penumpang dengan MRT ada pembatasnya berupa kaca. Saat MRT datang pintunya dua-duanya akan membuka secara bersama-sama. Karena kami tujuannya ke orchard road, maka kami naik MRT tujuan orchard MRT station. Disana kami langsung menuju pintu keluar dan ternyata tidak jauh dari lucky plaza. Jam baru menunjukkan pukul 18.00 tapi masih terang benderang. Sambil menunggu ari, kami duduk-duduk sambil makan pizza seharga SGD4 dan pizzanya enakkkk!! Cuma lupa nama warungnya, tapi yang jelas di depan lucky plaza, dekat lobby tempat orang nyegat taksi.
Setelah menunggu, jam 1900 ari datang dan kami makan di penyet ria lucky plaza…hahaha..jauh-jauh dari Indonesia makannya soto dan ayam penyet juga. Tapi rasanya enak juga, masih seperti aslinya, Cuma sotonya kurang seger menurut saya.
Jam 21.00 kamipun berpisah, Ari dan suaminya naik motor pulang ke Rangoon estate, sementara saya dan anak-anak kembali ke hotel. Sampai hotel kami langsung istirahat untuk persiapan ke legoland, nyebrang ke Malaysia keesokan harinya. Kami sama sekali buta arah ke Malaysia, tapi karena tiket sudah dibeli maka bismillah kami mencoba sebisa kami mencapai Malaysia.